23 Jan 2011

WELCOME TO BATAM

BATAM- Tulisan Welcome to Batam yang terdapat di Bukit Clara Batam Centre telah terpasang sempurna. Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemko) Batam Yusfa Hendri mengatakan, tulisan “Welcome to Batam” tersebut merupakan landmark baru Kota Batam. Tulisan tersebut menurutnya salah satu daya tarik untuk menyambut Wisatawan yang baru tiba di Kota Batam. Tulisan berwarna putih itu menurutnya dapat terbaca dari Teluk Tering, Batam Centre. Untuk memperindah di sekitar tulisan, Pemko Batam akan menambah lampu, pagar serta taman di sekitar lokasi tulisan itu. Kelak, lokasi tersebut dapat menjadi tempat rekreasi bagi warga Batam maupun Wisatawan yang ada di kota ini.

“Jika pengerjaan tamannya sudah selesai, warga Batam yang bermain di sana dapat berfoto-foto dengan latar belakang tulisan Welcome to Batam,” kata Yusfa.

Proyek ini menurutnya dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp472,4 juta yang dianggarkan dalam APBD Kota Batam melalui Dinas Tata Kota. Katanya, pembuatan tulisan besar itu juga merupakan bagian dari agenda pemerintah untuk memperkenalkan Batam, termasuk bagian untuk mendukung visit Batam 2010. simbol kota itu dimaksudkan untuk mempercantik kota sekaligus sebagai ucapan selamat datang dari Pemko Batam dan masyarakat kepada Wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam.

“Kita sengaja membangun simbol kota itu di atas bukit Klara karena menghadap langsung ke Terminal Feri Internasional Batam Centre. Setiap wisatawan yang datang akan dapat melihat langsung tulisan tersebut. Dan dengan tulisan itu kita bisa menyapa para wisatawan yang baru tiba dari luar negeri,” ujarnya.

Tulisan itu berukuran sekitar 6 meter dan tinggi 10 meter dikerjakan oleh PT Hadi Lestari. Setiap huruf dalam simbol kota itu berukuran 10 m kali 5 m, dan tulisan berada di ketinggian 52 meter di atas air laut saat pasang tertinggi. Untuk menuju ke lokasi tersebut akan dibuat akses jalan dengan lebar 10 meter dan panjang 120 meter. Tulisan Welcome to Batam mempunya panjang huruf dari W sampai M mencapai 120 meter, lebar huruf W dan M sama-sama 10 meter dan lebar huruf lainnya 6 meter. Untuk berat huruf W mencapai 4,5 ton, sedangkan E,M dan B masing-masing mencapai 4 ton, dan L,C,O,T,B dan A mencapai 3 sampai 3,5 ton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar