8 Nov 2009

Kuliner Masakan Tembilahan di Pulau Batam

Nasi Ayam Merah Khas Tembilahan di Kedai Makan ”Family”

Tak perlu jauh-jauh ke Tembilahan buat mengecap nasi ayam merah. Mampirlah ke Kedai Makan “Family”, nasi ayam merahnya, wuih, lezat banget. Bikin Ketagihan.Bagi Anda yang kangen dengan masakan daerah khas Tembilahan bolehlah makan siang bareng keluarga di sini. Begitu juga dengan Anda yang bosan dengan makanan itu-itu saja. Sesekali boleh coba dulu makanan asli daerah Tembilahan,nasi ayam merah. “Kami ingin memperkenalkan makanan khas asli daerah Tembilahan. Nasi ayam merah ini pertama dan satu-satunya di Batam,” ujar Diana, Pemilik Kedai Makan ”Family” kepada Batam Pos, Selasa (31/6).


Rasa nasi ayam merah tergolong istimewa. Makanan ini dihidangkan di atas piring lebar. Maklumlah jenis makanan yang disajikan sangat beragam. Di tengah piring ada nasi merah. Di pinggirnya tertata rapi bilis, ketimun, kacang tanah goreng dan emping. Di sampingnya ada piring kecil berisi ayam berkuah merah. Rasa nasimerah khas tembilahan yang gurih, makin klop disantap dengan ayam berkuah merah rasa pedas langsung membuat ketagihan.


Nasi merah diracik khusus dengan bumbu khas Tembilahan, yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, tomat dan garam. Semua bumbu kemudian diblender terus dimasak dengan beras putih. Hasilnya jadi nasi merah yang gurih. Adapun ayamnya dipilih daging ayam segar, kemudian dimasak dengan bumbunya cabe merah kering, bawang merah, bawang putih, saos tomat, merica, dan garam.


Selain menyediakan nasi ayam merah, Kedai Makan “Family” juga menyediakan sop ayam, soto ayam, sop ayam goreng khas Tembilahan. Semua makanan yang ditawarkan harganya murah meriah. Untuk nasi ayam merah cuma Rp12 ribu, sop ayam plus nasi Rp15 ribu, soto ayam plus nasi Rp10 ribu dan sop ayam goreng plus nasi Rp15 ribu. Kedai Makan “Family” buka pukul 07.00WIB-19.00WIB. Pastinya, jika Anda datang ke kedai Makan Family, makanan yang pertama kali harus Anda coba adalah Nasi ayam merah khas Tembilahan. Lokasi Kedai Makan Family di Komp.Nusantara Golden Blok A No 2 Batam Centre (deretan Fisherman).***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar